:::: MENU ::::

Informasi Update tentang Teknologi dan Otomotif

Hai... kawan kawan coding apakabar. Kali ini saya akan meberikan comtoh pemograman dengan bahasa java. Terlebih dahulu kalian  Pemograman java.

  • Pengenalan Tetang Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.

Tak usah panjang lebar hari kita mulai Coding!
mari kita siap kan pelaratan dan kebutuhanya.

  • Persiapan

  1. Siapkan laptop 
  2. Instal aplikasi Netbeans &  XAMPP sebagai Server local kita
  3. Connector Xampp.
  4. Badan FIT :)

  • Tahapan - Tahapan

1. Pertama kalian 
         jalankan Aplikasi XAMPP dan Klik Star pada Apace dan  MySql
2. Sebelum membuat database 
 Pastikan terlebih dahulu XAMPP kalian telah dibuka dan telah menjalankan server Apache dan MySql. Setelah itu kalian buka Localhost /phpmyadmin pada browser kalian seperti gambar di bawah ini 
 
3. Mebuat DataBase                                                                                                                           Syntax di atas berfungsi untuk membuat database baru dengan nama db_crud, nama database tersebut dapat kalian ubah sesuai kebutuhan. Setelah itu kalian klik GO jika berhasil akan tampil hasil seperti ini: 
 

4. Mebuat Table 
 Setelah membuat database saatnya membuat table,  pertama kalian harus select database yg telah kalian buat terlebih dahulu.  setelah itu kalian tuliskan syntaxnya (caranya sama seperti membuat database) hanya saja syntaxnya yang berbeda, disini kita akan membuat sebuah table dengan nama tb_siswa dengan isinya nis, nama, jurusan, jk, alamat seperti dibawah ini:  


   

5. Mebuat New Projek Di Netbeans
 Pertama kalian harus membuka aplikasi Netbeans nya, lalu klik file -> new project. Setelah itu pilih kaegori Java dan pilih tipe project Java-nya Java Aplication lalu klik next: 

 
 

 6. Membuat koneksi
 Setelah membuat project, saatnya membuat koneksi ke database db_crud yang telah kita buat sebelumnya. Jadi yang pertama kali kita lakukan adalah menambah driver MySql ke dalam project yang kita buat. Caranya klik kanan bagian libraries -> Add Library, pilih MySql JDBC Driver lalu klik add library:
 
Sekarang saatnya membuat sebuah Class yang digunakan untuk melakukan koneksi ke database MySql. Tapi sebelum kita membuat sebuah Class, pastikan kita membuat Package dulu, caranya klik kanan bagian Source  Project yang telah kita buat lalu pilih New -> Java Package... dan beri nama dengan koneksi

Dan beri nama dengan KoneksiDb.
Sekarang saatnya meng-Coding dan masukan syntax yg telah di block seperti dibawah ini:
 
6. Membuat jForm Siswa  
 Yang pertama kalian lakukan adalah membuat package baru dengan nama view, dan klik kanan pada package tersebut new -> jFrame Form… dan beri nama form_siswa: 

Lalu Kalian disain masing masing Berikut Contohnya:


7. Syntax Program










8. Hasil dari Program


  • Penutup
Semoga Aplikasi ini bisa bermafaat dan bisa berbgai ilmu sesama programing. Maaf apabila ada salah kata dan salah Program. Maklum saya cuman manusia biasa dan bukan tuhan atau komputer. Sekilan dan Terimkasih.

RPL...! WAJIB NGULIK

1 comment: