:::: MENU ::::

Informasi Update tentang Teknologi dan Otomotif



   pengertian Arduino
    Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source. dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor. hardware terbuka yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin membuat purwarupa peralatan elektronik interaktif berdasarkan hardware dan software yang fleksibel dan mudah digunakan. Mikrokontroler diprogram menggunakan bahasa pemrograman arduino yang memiliki kemiripan syntax dengan bahasa pemrograman C. Karena sifatnya yang terbuka maka siapa saja dapat mengunduh skema hardware arduino dan membangunnya.


  
        Mikrokontroler itu sendiri adalah chip atau ic (integrated circuit) yang bisa di program mengunakan komputer. Tujuan menanamkan program pada mikrokontroler adalh agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memperoses input tersebut dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan.

       Apa saja yang bisa dilakukan Arduino?
      kengunana arduino tergantung dari penguna dan arduino ini terbuka dan bebas.

     
Arduino ini dalam melakukan pemograman mebutuhkan aplikasi bawan dari arduino ini. Aplikasi ini bernama Arduino memiliki bahsa pemograman bahasa C (Bahasa yang Tersetruktur). Tetpai bahasa ini sudah di permudah mengunkan fungsi-fungsi yang sederhana sehingga pemula pun bisa mempelajarinya dengan cukup mudah.
       Untuk membuat program Arduino dan mengupload kedalam board Arduino, anda mebutuhkan software Arduino IDE (Integrated Development Enviroment) yang bisa di download gratis dibawah ini ;
      1. Macam-macam Arduino
         A. Arduino uno
      Arduino Uno adalah papan mikrokontroler berdasarkan ATmega328(datasheet). Ini memiliki 14 digital pin input / output (dimana 6 dapat digunakan sebagai output PWM),6 input analog, resonator keramik 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan 
tombol reset. Ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler; hanyamenghubungkannya ke komputer dengan kabel USB atau power itu dengan adaptor AC-DC atau baterai untuk memulai menggunakannya..

         B. Arduino Mega
              adalah papan mikrokontroler ATmega2560 berdasarkan (datasheet) memiliki 54 digital pin input / output (dimana 15 dapat digunakan sebagai output PWM), 16 analog input, 4 UART (hardware port serial), osilator kristal 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler,hanya menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB atau power dengan adaptor AC-DC atau baterai. Arduino Mega kompatibel dengan sebagian besarshield,dirancang untuk Arduino Duemilanove atau Diecimila. 
          C. Arduino Deu

              Papan pengembang ini memiliki pin masukan/keluaran digital sebanyak 54 pin (12 di antaranya kemampuan PWM ), 12 pin masukan analog, 4 UART / hardware serial port, pencacah-waktu / clockberfrekuensi 84 MHz, koneksi dengan kemampuan USB OTG, 2 DAC (digital-to-analog converter), 2 TWI (Two Wire Interface, kompatibel dengan protokol I2C dari Phillips), soket jack catu daya standar (5,5/2,1mm), konektor SPI header, konektor JTAG header, tombol reset, dan sebuah tombol hapus (erase button).


  
             

   

0 komentar:

Post a Comment