:::: MENU ::::

Informasi Update tentang Teknologi dan Otomotif


NVIDIA adalah sebuah perusahaan produsen prosesor grafis (graphics processing unit), kartu grafis, dan media dan alat-alat komunikasi untuk komputer pribadi, dan konsol permainan Sony Playstation 3. Produk paling terkenal dari NVIDIA adalah seri GeForce yang digunakan untuk bermain permainan komputer. Markas utama NVIDIA berada di Jalan Bebas Hambatan San Tomas, Santa Clara, California. Seri terbaru NVIDIA adalah TITAN Xp dengan menggunakan Arsitektur Volta. Perusahaan saingan terberat NVIDIA adalah AMD yang mengeluarkan seri Radeon. Pada 2001, perusahaan ini meraih pemasukan AS$1,37 miliar dan pendapatan bersih AS$177,1 juta.


Akhirnya, setelah penantian panjang dan segudang ‘leak’ alias gosip, NVIDIA akhirnya resmi mengumumkan lini terbaru mereka pada gelaran Gamescom 2018, di Jerman, NVIDIA RTX Series.
NVIDIA RTX Series merupakan GPU gaming pertama yang berbasis pada Turing arsitektur dan platform RTX yang menekankan pada kalkulasi real-time ray tracing dan kemampuan AI baru.
Sampai artikel ini ditulis (21 Agustus 2018, pukul 7:00 WIB), baru ada 3 varian dari seri RTX yaitu:
o          GeForce RTX 2080 Ti
o          GeForce RTX 2080
o          GeForce RTX 2070


Mari kita lihat sejenak satu persatu.


1.GEFORCE RTX 2080 TI

Sedangkan untuk kecepatan (base clock), seri RTX memang lebih rendah namun hal ini tidak selalu lebih lambat karena arsitektur yang berbeda. Setidaknya, base clock yang lebih rendah berarti (kemungkinan besarnya) suhu yang lebih dingin.Menariknya, dari perbandingan spek kasar di atas, keduanya bisa dibilang tak terlalu berbeda jauh dari jumlah CUDA Cores; spek paling penting penentu (selain arsitekturnya tentu saja) performa kartu grafis NVIDIA. 


Untuk spesifikasi yang lebih komplit dari RTX 2080 Ti, kalian bisa mengunjungi website resmi NVIDIA di tautan tadi.


Berhubung memang belum ada hasil benchmark yang bisa dipercaya ataupun saya belum mengetesnya sendiri, saya tidak akan berbicara banyak soal performanya.

2. GEFORCE RTX 2080 


Untuk spek lengkapnya dari RTX 2080, silakan mampir langsung ke sana ya. Berhubung hasil benchmark memang belum ada namun, dari spesifikasi yang bisa terlihat, NVIDIA RTX Series sekarang sudah menggunakan GDDR6 (sebelumnya pakai GDDR5X).
Lalu bagaimana dengan spek lainnya? Berikut ini perbandingan spek antara RTX 2080 dan GTX 1080:


Sekali lagi, ini hanya perbandingan kasar saja. Kita tunggu saja benchmark-nya nanti untuk lebih tahu bagaimana perbandingan performa yang sesungguhnya dari 2 generasi ini.

3.GEFORCE RTX 2070 


 Varian paling ‘bawah’, setidaknya di pengumuman pertama mereka, adalah RTX 2070. Untuk spek lengkapnya, saya kembalikan lagi ke website resmi NVIDIA untuk RTX 2070 ya.
Lucunya, jika sebelumnya NVIDIA menggunakan terminologi Founders Edition (FE) sebagai seri reference, kali ini mereka justru menggunakan seri FE sebagai varian pre-overclocked di seri RTX ini.               




HARGA
Harga dan Ketersediaan NVIDIA RTX Series. Mungkin inilah yang pertanyaan yang paling penting untuk dijawab.
Berikut ini adalah MSRP (Manufacturer’s Suggested Retail Price / Harga Jual yang Direkomendasikan Produsen) dari berbagai varian seri RTX yang telah diumumkan:
o          GeForce RTX 2080 Ti Founders Edition: $1,199
o          GeForce RTX 2080 Ti Reference: $999
o          GeForce RTX 2080 Founders Edition: $799
o          GeForce RTX 2080 Reference: $699
o          GeForce RTX 2070 Founders Edition: $599
o          GeForce RTX 2070 Reference: $499
Ingat ini masih MSRP ya yang pasti akan berubah (kemungkinan besar lebih tinggi) dengan harga di pasar nantinya.



1 comment: